5 Manfaat Luar Biasa dari Kecombrang

Bagi penduduk Indonesia, kecombrang bukanlah bumbu masak baru. Biasa diolah menjadi banyak ragam hidangan yang menggugah, kecombrang memang memiliki aroma dan rasa yang khas. Karena itulah banyak yang menjadikannya sebagai bumbu penyedap masakan.

Di Jawa Barat disebut sebagai honj kecombrang biasa dijadikan lalapan untuk disantap bersama sambal. Sedangkan di Jawa Tengah, kecombrang diolah menjadi campuran urap ataupun pecel.

Berbeda bersama Jawa Barat dan Jawa Tengah, penduduk Bali –dikenal bersama nama kecicang– kecombrang biasa dimanfaatkan bagian bunga dan batang mudanya. Setelah diiris, kecombrang dan batangnya akan dijadikan campuran untuk sambal matah.

5 Manfaat Luar Biasa dari Kecombrang
5 Manfaat Luar Biasa dari Kecombrang

Yap, hampir seluruh bagian tanaman yang memiliki nama ilmiah Etlingera elatior ini memang mampu dimanfaatkan dalam masakan. Selain itu, kecombrang terhitung dikemas bersama berbagai mineral penting; seperti magnesium, kalsium, zat besi, sampai zinc yang baik untuk kesehatan.

Berikut fungsi dari Kecombrang dibawah ini :

1. Mencegah kanker

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam BMC Research Notes, kecombrang memiliki kandungan antioksidan yang benar-benar tinggi. Bukan cuma bagian bunganya, kadar antioksidan terhitung ada di dalam bagian batang, rimpang, sampai daun tanamannya.

Senyawa antioksidan yang ada di dalam kecombrang dikenal bersama nama flavonoid. Karena tingginya kadar antiokisdan ini, membawa dampak kecombrang dikenal menjadi tanaman antikanker.

2. Menghilangkan bau badan

Kecombrang ternyata mampu dijadikan sebagai deodoran alami. Hal ini mampu berjalan dikarenakan batang tanaman terhadap kecombrang memiliki minyak atsiri yang mampu menghasilkan wangi alami.

3. Mengobati anemia

Seperti yang udah disinggung sebelumnya, kecombrang memiliki kandungan zat besi yang berlimpah. Bahkan, dalam 100 gram kecombrang saja memiliki kandungan 1 mg zat besi.

Zat besi selanjutnya kabarnya mampu menyembuhkan anemia. Hanya saja, kamu wajib mengkonsuminya secara teratur. Maka penyakit kurang darahmu mampu disembuhkan.

4. Meningkatkan fungsi otak

Otak adalah pusat kendali dalam tubuh manusia. Jika otak kehilangan fungsinya, maka seluruh organ yang ada di dalam tubuh terhitung akan mendapat masalah.

Salah satu cara untuk meningkatkan fungsi otak adalah bersama konsumsi kecombrang. Tak hannya bagian bunganya, kamu terhitung mampu memberikan bagian daunnya terhadap masakan.

5. Mengobati luka

Selain memiliki sifat sebagai antikanker, kecombrang terhitung ternyata memiliki sifat sebagai antibakteri. Dilansir dari JOM Faperta, bagian bunga kecombrang ini kabarnya mampu menghambat pertumbuhan berbagai bakteri; seperti Bacillus cereus, Euscheria coli, Listeria monocytogenes, dan Staphylococcus aureus.

Masih dalam belajar yang sama, sifat antibakteri yang ada di dalam kecombrang dihasilkan dari kadar minyak atsiri, alkaloid, dan asam lemak di dalamnya. Karena sifat antibakteri ini, kecombrang ternyata efisien untuk menyembuhkan luka.

Caranya, kamu mampu menumbuk daun kecombrang kemudian ditempelkan terhadap kulit yang terkenal luka.

Leave a Reply