9 Manfaat Bunga Pepaya Yang Baik Untuk Kesehatan

Bunga pepaya adalah bunga yang memiliki sejumlah zat di dalamnya, walaupun memiliki rasa pahit tetapi bunga ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, berikut ulasannya:

1. Memperlancar aliran darah

Dengan kandungan zat yang disebutkan di atas, bunga pepaya dapat membantu memperlancar aliran darah. Bahkan dengan aliran darah lancar, hipertensi atau tekanan darah tinggi secara bertahap akan berkurang. Penyakit jantung atau stroke akan dihindari karena aliran darah yang lancar ini.

2. Menghaluskan sistem pencernaan

Bukan hanya buah yang seperti enzim papain atau serat yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Bunga pepaya juga memiliki kandungan yang sama yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit

9 Manfaat Bunga Pepaya Yang Baik Untuk Kesehatan
9 Manfaat Bunga Pepaya Yang Baik Untuk Kesehatan

3. Menurunkan kadar kolesterol

Bunga pepaya dapat menghasilkan phytochemical, flavonoid, sterol, tanin, dan polifenol. Zat ini merupakan antioksidan kuat untuk mengurangi kadar kolesterol. Ditambah sifat anti-virus, anti-kanker, anti-mikroba, anti-alergi, dan anti-inflamasi melengkapi manfaatnya.

4. Mencegah artritis dan radang sendi

Mengkonsumsi bunga pepaya secara teratur juga diyakini dapat mencegah peradangan sendi dan rematik. Tidak hanya dikonsumsi, bunga pepaya juga bisa dioleskan ke bagian yang sakit. Hancurkan bunga pepaya hingga halus. Setelah itu, oleskan dampak ke bagian tubuh yang sakit. Diamkan selama sekitar 20 menit sampai rasa sakit mereda.

5. Kurangi demam

Bunga pepaya bisa menjadi salah satu obat herbal untuk mengurangi demam. Karena mengandung zat antipiretik yang berfungsi untuk mengatasi demam. Jus dapat diminum atau dijadikan kompres dingin.

6. Meningkatkan jumlah trombosit

Mengandung banyak zat besi, membuat bunga pepaya efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Jadi sangat baik dikonsumsi untuk pasien dengan platelet rendah, seperti pasien demam berdarah.

7. Obati diabetes

Jika orang tua Anda menderita diabetes, bunga pepaya dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengurangi kadar gula darah. Bunga pepaya memiliki sifat untuk mengurangi insulin yang merupakan penyebab utama diabetes.

8. Mencegah kanker

Memiliki sifat anti-virus, anti-kanker, anti-mikroba, anti-alergi, dan anti-inflamasi, bunga pepaya adalah alternatif yang mudah dan murah untuk mencegah kanker. Bunga pepaya akan mencegah infeksi dalam tubuh, yang diketahui bahwa seiring waktu infeksi dapat menghasilkan sel kanker yang dapat mengancam jiwa.

9. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas telah menjadi sangat menakutkan bagi kita semua. Karena disinilah awal mula munculnya berbagai penyakit. Bunga pepaya mengandung antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Jadi konsumsi bunga ini bisa menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh setiap hari.

Leave a Reply