8 Tips untuk Mencuci Sayuran dan Buah yang Benar

Apakah Anda sering sakit? Jika demikian, mungkin kondisinya disebabkan oleh sayuran dan buah-buahan kotor yang dikonsumsi setiap kali makan. Buah dan sayuran sarat dengan bahan kimia yang bisa berbahaya dan memengaruhi kesehatan tubuh.

Sangat penting untuk mencuci sayuran dan buah-buahan dengan benar untuk menghilangkan bakteri dan debu di dalamnya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk memastikan bahwa buah-buahan dan sayuran dibersihkan dengan benar sehingga aman untuk dikonsumsi, sebagaimana dilaporkan oleh beberapa sumber dan ulasan mereka:

8 Tips untuk Mencuci Sayuran dan Buah yang Benar
8 Tips untuk Mencuci Sayuran dan Buah yang Benar

1. Langkah pertama yang harus dilakukan setiap orang sebelum mulai mencuci sayuran dan buah-buahan adalah mencuci tangan. Jika tangan Anda kotor, Anda juga akan membuat buah atau sayuran kotor. Gunakan sabun deterjen untuk mencuci tangan dengan benar.

2. Mulailah dengan mencuci sayuran dan buah-buahan di bawah air mengalir dan bersihkan dengan tangan Anda atau dengan handuk mikrofiber. Pastikan Anda melakukan langkah ini hanya pada buah dan sayuran yang keras dan memiliki bagian luar yang tebal.

3. Bersihkan sayuran berdaun dengan mengambil semangkuk air dan mencelupkan sayuran ke dalamnya. Setelah beberapa menit, bersihkan kotoran dengan tangan Anda. Saring airnya dan cuci lagi untuk memastikan tidak ada lagi kotoran yang tersisa. Ulangi proses ini dua kali. Setelah selesai, angkat sayuran dan masukkan ke dalam saringan besar untuk menghilangkan kelebihan air dan mengeringkannya.

4. Jamur tidak bisa dibersihkan seperti membersihkan sayuran lain. Cara terbaik untuk membersihkan jamur sebelum mengkonsumsinya adalah menyekanya dengan kain lembab karena mencuci langsung dengan air membuat jamur lebih sulit untuk dibersihkan dan juga dapat merusak bentuk dan tekstur. Jangan lupa mengeringkannya dengan handuk dapur atau jamur akan menjadi basah.

5. Bintik hitam atau busuk pada sayur dan buah tentu tidak baik untuk dikonsumsi. Karena itu, Anda dapat menyingkirkannya dengan memotong area tersebut sebelum mengkonsumsinya.

6. Ada banyak jenis sayuran yang memiliki kulit keras dan sulit untuk menghilangkan mikroba yang ditemukan di kulit. Untuk mengatasinya, gunakan sikat sayur dengan lembut pada kulit agar Anda tidak merusak sayuran.

7. Beberapa sayuran tidak bisa direbus untuk menghilangkan pestisida. Sebagai gantinya, Anda bisa membersihkan sayuran dengan cara memucat. Rebus air dalam wajan dan matikan apinya. Rendam sayuran dalam air mendidih dan diamkan selama 5-8 menit. Dalam mangkuk lain ambil es batu dan setelah Anda merebus sayuran, masukkan ke dalam panci lain. Proses ini membantu menjaga warna sayuran dan menghentikan proses memasak.

8. Jika Anda berpikir bahwa mencuci buah dan sayuran dengan sabun tidak akan berbahaya, maka Anda salah. Sabun dapat dengan mudah menemukan jalan melalui kulit dan di dalam daging yang akan membuat buah-buahan dan sayuran tidak layak untuk dikonsumsi. Anda bisa menggunakan cuka sebagai gantinya.

Leave a Reply